BEWARAPERS.ID, Bandung — Dalam rangka memeriahkan Milad ke-9, Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) menyelenggarakan Bazar Kreatif dan Kuliner Mahasiswa yang berlangsung meriah di area kampus pada Senin, 30 Juni 2025. Acara ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan menghadirkan 52 stand yang terdiri dari 32 stan organisasi mahasiswa (ormawa) dan civitas akademik, serta 20 stand pelaku UMKM dari luar kampus.
Acara ini bertujuan untuk menyediakan ruang interaksi, promosi, dan
kolaborasi antara mahasiswa, ormawa, serta pelaku UMKM. Melalui bazar ini,
produk dan inovasi kreatif dari berbagai pihak dapat diperkenalkan secara
langsung kepada masyarakat luas.
Menurut Al-Ghifari, salah satu panitia pelaksana, acara ini dirancang
untuk membuka peluang seluas-luasnya bagi mahasiswa dan UMKM dalam
mengembangkan jaringan usaha serta meningkatkan daya saing.
“Tujuan bazar ini untuk memfasilitasi ormawa dan UMKM, sekaligus
memperkenalkan bahwa di Universitas Muhammadiyah Bandung terdapat ruang bagi
mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.
Salah satu stand dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Kriya Tekstil
turut ambil bagian dalam kegiatan ini dengan menampilkan produk-produk
kerajinan, seperti strap ponsel dan gantungan kunci yang menjadi produk
terlaris di stannya.
“Kami memang rutin buka stand tiap Rabu. Tapi dengan adanya bazar ini,
kami bisa menjangkau lebih banyak pengunjung dan memperkenalkan karya mahasiswa
Prodi Kriya Tekstil,” jelas Purwes, perwakilan himpunan.
Selain memfasilitasi mahasiswa, keikutsertaan UMKM dari luar kampus
juga menambah keberagaman bazar. Layung Coffee Roastery menjadi salah satu UMKM
yang turut ambil bagian dengan menghadirkan produk kopi dan pastry.
“Bazar ini sangat bermanfaat bagi kami, tidak hanya untuk memperluas
relasi antar-tenant, tetapi juga sebagai sarana promosi kepada pengunjung yang
mungkin belum mengenal produk kami,” ujar Dedes dari Layung Coffee.
Lebih dari sekadar media promosi, bazar ini juga menjadi sarana
pembelajaran kewirausahaan bagi mahasiswa. Para peserta mendapatkan pengalaman
langsung dalam mengelola usaha, memahami pasar, dan membangun komunikasi dengan
konsumen.
Melalui kegiatan ini, Universitas Muhammadiyah Bandung membuktikan
bahwa kampus bukan hanya menjadi ruang akademik, tetapi juga wadah pengembangan
kreativitas dan kewirausahaan. Dengan dukungan dari berbagai pihak, UMB terus
menunjukkan komitmennya dalam membentuk lingkungan kampus yang produktif,
kolaboratif, dan inovatif.
Wartawan: Mella, Fauzan, Mutiara Nur Asyifa, Mutiara Syamsi
Editor: Rahmi