Mahasiswa Baru Melakukan Simulasi Liputan di depan Stand LPM BEWARA Pers, pada Rabu (24/09/2025). (Sumber Foto: Raya)
BEWARAPERS.ID,
Bandung - Universitas Muhammadiyah Bandung sukses menggelar bazaar sebagai
wadah untuk bussines plan para mahasiswa baru, juga menjadi ajang promosi bagi
UKM dan ORMAWA di dalam rangkaian acara Pekan Sosialisasi dan Orientasi
Mahasiswa Baru (PESONAMU) Day-2 tahun 2025 yang diselenggarakan di halaman
kampus UM Bandung pada Rabu (24/09). Ini menjadi upaya untuk mewujudkan pilar technopreneurship
dari para mahasiswa baru tahun ajaran 2025/2026.
Bazaar
berlangsung dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Stand di dalam bazaar
ini terdiri dari stand mahasiswa baru untuk mempromosikan hasil dari bussines
plan mereka, stand UKM juga stand dari ORMAWA yang ada di Universitas
Muhammadiyah Bandung.
Mahasiswa
baru menjajakan produk hasil inovasi mereka pada stand stand yang telah
disediakan pihak panitia PESONAMU 2025, Salman Alfarizi salah satu mahasiswa
baru menjelaskan strateginya dalam menjual produknya “Produk kami memliki
tampilan yang menarik, karena bukan hanya puding tetapi kami juga memiliki
pilihan topping, seperti vanilla dan regal. Saat yang lain menjual produk di
kisaran lima ribu ke atas, kami menjual produk dengan harga tiga ribu, karena
menurut saya memuaskan pelanggan itu lebih utama ”.
Syifa
Fadilah, salah satu mentor menuturkan, “Kegiatan ini itu ngasih para mahasiswa
baru pengalaman secara langsung dengan unsur teknologi dan kewirausahaan. Mahasiswa
baru sebelum PESONAMU dimulai sudah membuat video busssines plan mereka di
media sosial tentang keunggulan produk yang akan mereka jual di bazaar hari
ini. Melalui kegiatan ini juga mahasiswa baru dapat meningkatkan kreatifitas
dan juga inovasi, serta bisa melihat peluang bisnis yang bisa sebegitu luasnya
di era sekarang ini”.
Stand
dari UKM dan ORMAWA juga tidak luput dari antusiasme para mahasiswa baru,
dengan banyaknya permainan dan juga hadiah yang ditawarkan dari tiap UKM dan
ORMAWA turut serta memeriahkan kegiatan bazaar mahasiswa baru yang
diselenggarakan di halaman Universitas Muhammadiyah Bandung. “Kita sudah
menyiapkan games tentang pengetahuan film dan juga banyak hadiah untuk para
mahasiswa baru sebagai upaya pengenalan
Art Sinematografi Deluxe (Art Side) sebagai UKM Perfilman. Mahasiswa baru juga
banyak yang mengikuti permainan dan membantu video promosi kita.” tutur Zalfa
Maulidya.
Kegiatan
ini sebagai wujud dari tahap awal pembangunan technopreneurship dari para
mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung dan menjadi bekal awal para
mahasiswa baru dalam terus mengembangkan inovasi mereka di bidang
entrepreneurship.
Wartawan: Ali, Raya, Seline